8 Tips Menaikkan Rank di Arena of Valor (AOV)

Tips Menaikkan Rank ke Conqueror di Arena of Valor

Kamu masih stuck di rank Gold, Platinum atau Diamond? Sudah mencoba berbagai hero dan sudah selalu mengalah dengan teman setim tapi masih kalah juga? Merasa skill yang kamu miliki harusnya mampu mengantarkanmu ke rank yang lebih tinggi tapi malah kamu sering kalah di rank dan akhirnya merasakan turun rank dan ingin pensi untuk bermain AOV? Yuk perhatikan beberapa hal penting yang dapat mempermudah kamu untuk naik rank di Arena of Valor. Berikut adalah Tips Menaikkan Rank di Arena of Valor.

1. Pelajari dan Gunakan Hero META

Pertama kamu harus memahami apa itu META. META adalah Most Effective Tactic Available. Jadi untuk kamu yang dibawah rank diamond kamu wajib mempelajari hero-hero yang masuk META. Contoh hero yang masuk META saat ini adalah:
  1. Nakroth - Jungle
  2. Zephys - Jungle - Offlane - Safelane
  3. Murad - Jungle
  4. Zill - Jungle - Midlane - Offlane
  5. Violet - Jungle - Safelane
  6. Fennik - Jungle
  7. Slimz - Jungle
  8. Ryoma - Offlane
  9. Lubu - Offlane - Safelane
  10. Xeniel - Observer - Safelane - Offlane
  11. Zuka - Offlane
  12. Cresht - Observer - Safelane
  13. Thane - Observer
  14. Skud - Observer
  15. Ormar - Observer
  16. Alice - Observer
  17. Airi - Offlane - Safelane
  18. Wonderwoman - Offlane - Safelane
  19. Superman - Offlane - Safelane - Midlane
  20. Arduin - Observer - Safelane
  21. Tel'Anas - Safelane - Midlane - Jungle
  22. Chaugnar - Observer - Midlane - Safelane
  23. Lumbur - Observer
  24. Maloch - Safelane
  25. Lauriel - Midlane
  26. Raz - Midlane
  27. Jinna - Midlane
  28. Joker - Midlane
Hero diatas adalah hero yang masuk META saat ini, dan META sewaktu-waktu bisa berubah karena adanya rilis hero baru, new patch yang biasanya ada nerf atau buff hero atau mungkin item counter. Kamu juga bisa melihat bagaimana gameplay hero tersebut dari pro player, misalkan untuk user jungler bisa lihat gameplanya SMG Chichi, Wiraww, Susugajah.

Untuk rank Diamond keatas karena sistem ban-pick  di ranked, kamu wajib mempelajari berbagai role dan hero. Jangan egois autolock hero andalanmu padahal hero tersebut bukan power-pick di META saat ini. Kamu juga harus mengetahui hero apa yang wajib di pick pertama dan hero apa yang harus di ban. Untuk hero yang biasanya di ban saat ini adalah:
  1. Superman
  2. Murad
  3. Violet
  4. Maloch
  5. Zill
  6. Xeniel
  7. Chaugnar
Perlu diingat itu ban umum pada ranked match, bukan di turnamen. Mungkin di turnamen beda lagi karena mungkin diketahui player A sangat mahir memainkan hero A jadinya hero A yang di ban atau di pick duluan jika mendapatkan first pick. Untuk hero yang perlu di pick pertama di META sekarang (jika tidak di ban) adalah:
  1. Superman
  2. Murad
  3. Violet
  4. Xeniel
  5. Chaugnar
  6. Maloch
  7. Ormar
  8. Skud
  9. Zill
  10. Lauriel

2. Jangan Buta Map!

Untuk menjadi team player yang baik kamu harus memperhatikan peta sebaik mungkin. Lihat mana anggota tim yang memerlukan bantuan. Dengan memperhatikan peta kamu juga bisa ngerat tower. Dengan memperhatikan peta kamu juga bisa melihat mana hero musuh yang lengah atau offside untuk di gank. Peta juga sangat penting untuk membuat kamu berfikir cepat apa yang harus dilakukan dan selalu waspada.

3. Pahami Item

Kamu juga harus mengetahui fungsi item. Contohnya item Curse of Death atau Tomb of the Ripper yang berfungsi untuk mengurangi 50% regenerasi HP musuh. Item tersebut sangat cocok untuk meng-counter hero-hero seperti Lu Bu, Kil'Groth, Taara atau hero lainnya yang memiliki regenerasi yang cepat. Seperti Muramasa dan Fafnir Talon yang berfungsi untuk membuat damage ke tank musuh bocor. Shield of Lost atau The Aegis yang berfungsi mengurangi attack speed musuh dan Mail of Pain yang berfungsi untuk mengembalikan 15% damage yang diterima kepada penyerang. Hmm untuk penjelasan item yang lengkap akan saya bahas di artikel berikutnya.

4. Ajak Temanmu Untuk Push Rank

Dengan mengajak temanmu bermain bersama untuk meningkatkan rank kamu, tentunya akan mempermudah kalian untuk menaikkan rank. Dengan mengajak teman tentunya kamu akan lebih mudah untuk mengatur untuk pick apa. Tentunya dengan push rank bersama kamu bisa terfokus untuk mempelajari role kamu. Perlu diketahui jika kamu book 5 saat ranked match, maka akan dipertemukan dengan book 5 juga.

5. Solo Player?

Untuk kamu yang solo player kamu wajib mempelajari berbagai role dan hero. Jika kamu terfokus atau hanya bisa satu atau dua hero, sudah dipastikan kamu akan susah untuk naik rank. Apalagi di rank Diamond keatas yang menggunakan sistem ban-pick. Saya sarankan untuk solo player mempelajari berbagai role dan hero, bisa mengendalikan emosi dan kalau bisa usahakan mengalah jika bertemu otak batu yang enggak bisa dikasi tahu.

6. Bacot Hanya Memperburuk Keadaan

Untuk kamu yang toxic dan suka ngeblame tim, tolong emosinya dikendalikan. Sebelum base kamu hancur masih ada harapan untuk comeback! Jadi buat player yang toxic atau tukang blame tim, sebaiknya kamu jangan bacot dulu di match, kalau udah kelewat kesel sama anggota timnya kamu bisa add dia terus bacotin lewat chat personal. Kan lebih enak hahaha, saya juga pernah toxic kalau udah lose streak di rank terus ketemu salah satu anggota tim otak batu. 

7. Belajar Dari Gameplay Pro Player

Kamu bisa melihat bagaimana pro player bermain di youtube. Contoh pro player yang sering update di channel youtubenya contohnya BTR BinxSMG ChichiVexEVOS TV. Untuk kamu yang mau berbagai tips dan penjelasannya mudah dimengerti bisa kunjungi channel Bigetron TV, tips dan trik dari BTR Teemola menurut saya bagus sekali dan mudah dimengerti.

8. Pastikan Jaringan Aman

Sebelum ranked, pastikan jaringan kamu stabil dan cuaca tidak sedang mendung (jika tidak menggunakan wifi). Kamu bisa mencobanya terlebih dahulu dengan bermain di Quick Match. Pastikan juga kamu memblokir panggilan masuk di ponsel kamu (recommended untuk kamu yang bukan orang penting hahaha) agar tidak terganggu saat ranked atau dijahili teman. Baca juga artikel Cara Block Panggilan Masuk di Line.

Pengalaman ke Grand Conqueror

Tips Menaikkan Rank ke Conqueror di Arena of Valor

Pengalaman saya ke Grand Conqueror adalah di Season 2 lalu. Waktu itu saya sangat menguasai hero Violet. Saat itu juga saya bertemu roamer di guild Osiris yang sangat ahli menjaga saya saat menggunakan Violet. Kami-pun push rank bersama dari Diamond hingga ke Grand Conqueror. Saat itu kami memiliki prinsip Auto-Lock aja, bodo amat sama anggota tim lainnya, biarin dia ngalah (kecuali ada orang ternama seperti Susugajah, Wiraww atau pro player lain, baru ngalah). Hingga pada akhirnya saya mencapai rank 28.

Tips Menaikkan Rank ke Conqueror di Arena of Valor

Sampai pada suatu match saya dikatain "Top rank kok cuma bisa main vio?" soalnya enggak di rank, enggak di quick match saya tetap menggunakan Violet jika bertemu dengan orang yang avatarnya saya ketahui. Hmm cuma bisa make vio sih salah, karena saya bisa hero lain juga seperti Yorn, Fennik dan Nakroth pada saat itu. Begitu susahnya dulu ngelawan Violet jungle di Season 2, habisin hutan bareng roamer, gank side lane (kalau bisa lane abbysal) bareng midlane, observer, abbysal lane, dapet tower, dapet kill, dapet abbysal udah posisi menang susah banget dah di comeback dulu.

Demikian artikel Tips Menaikkan Rank di Arena of Valor. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini ke teman kamu yaaa. Jika ada yang ingin ditanyakan kamu bisa berkomentar di bawah.

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "8 Tips Menaikkan Rank di Arena of Valor (AOV)"

  1. makasi ilmunya
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus