3 Kesalahan Pengusaha Pemula

3 Kesalahan Pengusaha Pemula

Banyak pengusaha pemula tidak paham mereka melakukan sebuah kesalahan dimana kesalahan tersebut tidak sepatutnya dilakukan oleh pengusaha-pengusaha pemula. Banyak pengusaha pemula menjadi pengusaha tanpa tujuan dan hanya melihat dari sisi positif seorang pengusaha, seperti menjadi pengusaha bebas waktu dan menjadi pengusaha tidak di atur-atur oleh bos.

Nah pada artikel ini saya akan membahas 3 kesalahan pengusaha pemula.

3 Kesalahan Pengusaha Pemula

1. Terlalu Mementingkan Profit

Sebenarnya tidak salah, yang namanya usaha itu memang harus untung. Tapi jangan sampai anda meletakkan profit diatas segalanya. Disini yang harus anda utamakan juga yaitu apa yang anda bisa berikan untuk customer dan karyawan anda.

Jangan sampai anda terlalu mementingkan ego anda sendiri. Jika anda terlalu mementingkan profit, besar kemungkinan usaha anda tidak akan berjangka panjang. Karena karyawan dan customer anda akan mengeluh jika anda terlalu mementingkan diri sendiri.

Misalkan anda bermain sebuah game online A dengan genre A, tetapi developer dari game tersebut tidak pernah memberikan hadiah atau event-event menarik kepada playernya. Setelah itu muncul game B dengan genre A dan developernya sangat memperhatikan playernya. Tentu player dari game B akan lebih betah bermain gamenya.

2. Menempatkan Diri Anda Sebagai Raja

Ini merupakan kesalahan yang tidak sepatutnya dilakukan oleh pengusaha. Disini anda harus menempatkan customer atau konsumen sebagai raja. Apapun kritikan konsumen, memang tidak semuanya bisa kita dengar. Tapi baik dan masukkan untuk perusahaan. Tapi banyak pengusaha pemula merasa paling benar.

Misalkan ada konsumen atau pembeli ke tempat anda, anda tidak melayaninya dengan baik. Tapi anda mau diperlakukan dengan baik. Anda merasa bahwa anda adalah pemilik usaha, pemilik toko, pemilik bisnis. Sehingga anda mengabaikan keiningan konsumen.

Bisnis apapun tidak akan bisa hidup tanpa adanya konsumen. Apalagi konsumen yang setia. Jika anda mengabaikan konsumen, besar kemungkinan bisnis anda sedang dalam masa-masa kehancuran. Sekali lagi, konsumen adalah raja. Jadi konsumen tersebut harus anda layani mereka dengan baik.

3. Sikap Merasa Paling Hebat

Jika anda membangun sebuah bisnis, para pengusaha pemula itu kebanyakan merasa mempunyai produk yang paling laku atau paling laris di pasaran dan merasa paling hebat, jika anda merasa seperti itu maka besar kemungkinan bisnis anda tidak berjangka panjang. Disini yang perlu anda ketahui adalah tidak ada pengusaha besar saat ini yang merasa dirinya paling hebat.

Jika anda merasa seperti itu tidak lama lagi akan ada pesaingnya. Misalkan ada orang yang menjual ayam bakar dengan racikan tertentu dan merasa sudah paling laris di kota anda, mungkin bulan depan akan ada pesaing yang menjual ayam bakar dengan racikan bumbu tertentu dan lebih enak dari ayam bakar anda.

Kalau anda sudah merasa paling hebat dan tidak mau belajar dari pesaing dan kesalahan anda, anda juga tidak mau mendengarkan masukkan konsumen. Besar kemungkinan bisnis anda akan mengalami kehancuran.

Banyak pengusaha yang usahanya berdiri sampai puluhan bahkan ratusan tahun itu mereka selalu berinovasi dan beradaptasi dengan keadaan. Mereka selalu tidak merasa dirinya paling hebat atau paling benar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Kesalahan Pengusaha Pemula"

Posting Komentar