Arena of Valor: Apa Itu META?

Arena of Valor: Apa Itu META?

Untuk pemain game khususnya game MOBA pasti sering mendengar istilah META. Apa itu META? META merupakan singkatan dari Most Effective Tactic Available atau bisa diartikan taktik/strategi yang paling efektif yang ada sekarang di suatu game. Saya sendiri mengetahui istilah META ini dari game MOBA di PC yaitu Dota 2.

Di Arena of Valor sendiri istilah META ini mungkin merujuk pada metagaming atau metagame yang berarti strategi atau metode yang digunakan player yang digunakan di dalam game yang dapat melampaui aturan di dalam game. Tentu metagame berbeda dengan cheat, karena metagame merupakan sebuah strategi.

Adapun hal yang perlu kamu ketahui yang berhubungan dengan META.

META Berhubungan Dengan Patch

Tentunya META sangat berhubungan dengan patch. Setiap ada patch atau update baru di Arena of Valor akan merubah META. Misalkan Nakroth yang dulunya build item menggunakan Soul Reaver dan karena efek dari item Soul Reaver sudah berubah, maka sekarang beralih menggunakan Leviathan. 

Saya sering membaca komentar di grup Arena of Valor Indonesia di Facebook, banyak yang mengatakan bahwa player Indonesia ikut-ikutan META luar. Padahal buff atau nerf sangat berpengaruh untuk hero.


Buff, Nerf dan Adjust. Apa Hubungannya Dengan META?

Apasih Buff, Nerf dan Adjusted itu? Buff merupakan penambahan status pada suatu hero, misalkan hero Krixi yang dulu magic damagenya skill pertamanya 200 ditambah menjadi 400. Untuk nerf sendiri adalah kebalikan dari buff, dimana status pada suatu hero akan dikurangi. Sedangkan adjust adalah kondisi dimana status suatu hero ada yang ditambah dan ada yang dikurangi. Misalkan hero Nakroth memiliki Mov. Speed 100 dan dikurangi menjadi 90, disisi lain Defensenya ditambah misalkan dari 90 ke 100.

Adanya Buff, Nerf dan Adjust pada suatu hero tentunya akan merubah META. Misalkan Grakk yang dulunya tidak laku mendapatkan buff Silence pada skill 1 dan cooldown skill 2-nya dikurangi langsung menjadi laku di turnamen kelas internasional. Zephys yang dulunya laku keras untuk mengincar archer atau mage musuh, setelah mendapat nerf pada jarak skill ultimatenya menjadi kurang laku.

Hero yang menjadi langganan banned di turnamen kemungkinan besar akan di nerf dan hero yang jarang di pick kemungkinan besar akan di buff. Tentunya dengan Buff, nerf dan adjust ini akan merubah list hero yang di banned baik di turnamen maupun di ranked.

Apakah Mengikuti META Itu Wajib?

Saya sendiri lebih suka untuk mengikuti META dibandingkan untuk membuat atau menemukan sebuah META. Dikarenakan saya bukanlah seorang pro player yang kebanyakan waktunya mungkin dihabiskan untuk bermain game dan bisa mencoba berbagai gameplay hero atau strategi baru.

Saya yang dulunya tidak menyukai hero Lindis karena saya tidak mengetahui cara memainkannya dan setelah saya menonton turnamen luar dan melihat player dengan nickname JT.Neil, saya langsung mencoba dan mempelajari hero Lindis tersebut. Alhasil memang heronya sangat kuat untuk early, mid bahkan late game dan untuk sekarang menjadi langganan banned di tier Diamond keatas.

Dengan adanya perubahan META juga memaksa kita untuk bisa beradaptasi dengan hal baru. Misalkan kamu yang dulunya bermain hero Superman di setiap match dan patch berikutnya superman di nerf habis-habisan, mungkin kamu bisa mencoba hero lain.

Tapi jika kamu ingin mencoba suatu build atau META itu tidak salah, hanya saja kamu perlu membuktikan bahwa itu layak digunakan dengan cara membuktikan diri kamu hingga top rank atau memenangkan turnamen dengan META yang kamu buat tersebut.

Baca juga:
Terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Arena of Valor: Apa Itu META?"

Posting Komentar