6 Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan AdSense

6 Faktor Yang Mempengaruhi Penghasilan AdSense

Google AdSense merupakan salah satu cara Blogger atau YouTuber untuk mendapatkan uang hanya dengan mempublikasikan suatu konten. Pada artikel ini saya hanya akan membahas faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan Google AdSense khusus untuk Blogger saja. Apa sajakah yang mempengaruhi pendapatan AdSense kita?

1. Jumlah Pengunjung

Yang pertama tentulah jumlah pengunjung. Semakin banyak pengunjung, semakin banyak juga potensi atau kemungkinan klik pada iklan AdSense kita. Maka dari itu, kita perlu mempromosikan blog kita ke media sosial dan membuat artikel yang menarik dan juga unik agar blog kita ramai dikunjungi. Baca artikel Cara Mendaftarkan Blog ke Webmaster dan Cara Membagikan Postingan Blog ke Media Sosial Secara Otomatis.

2. Bahasa Yang Digunakan

Kenapa saya menempatkan bahasa yang digunakan? Dikarenakan setiap negara mendapatkan CPC (Cost Per Click) yang berbeda. Itu dikarenakan iklan yang dipasang oleh pemasang iklan (advertiser) di luar negeri memiliki CPC yang lebih tinggi, menyesuaikan dengan mata uang pemasang iklan tersebut. 

Nah maka dari itu banyak Blogger Indonesia yang membuat blog bule atau blog berbahasa Inggris juga untuk mendapatkan uang dari AdSense lebih banyak. Dengan membuat blog bule atau blog berbahasa Inggris, tentunya kita akan mendapatkan pengunjung dari luar negeri.

3. Jenis Pengunjung

Jenis pengunjung yang saya maksud disini adalah pengunjung yang berkunjung ke blog kita melalui media yang digunakan. Misalkan pengunjung yang berkunjung ke blog kita melalui mesin pencari Google dengan mengetik "faktor yang mempengaruhi pendapatan AdSense" dan mengklik blog kita dari pencarian tersebut akan lebih mahal bayaran kliknya daripada pengunjung yang berkunjung ke blog kita melalui media lain, contohnya saat kita membagikan blog kita ke Facebook atau Twitter, setelah itu ada seseorang yang tertarik dengan artikel blog kita dan berkunjung lalu ia mengklik iklannya.

4. Niche atau Tema Blog

Niche atau tema blog juga menentukan pendapatan AdSense kita. Sebenarnya untuk yang satu ini saya kurang yakin, tapi dari informasi yang saya dapatkan dari para Blogger yang lebih berpengalaman dikatakan niche atau tema blog bisnis memiliki CPC yang cukup tinggi.

5. Penempatan Iklan

Lokasi penempatan iklan tentunya akan berpengaruh terhadap jumlah klik iklan AdSense kita. Misalkan Anda sebagai seorang publisher AdSense menempatkan iklan dibagian footer blog, tentu jarang orang yang akan melihat iklan tersebut. Jadi penempatan iklan yang strategis bisa menjadi penentu terhadap jumlah klik iklan. Contoh penempatan iklan yang strategis adalah di header dan sidebar.

6. Loading Blog

Jika blog kita tidak responsif atau loading lama, tentunya pengunjung kita akan merasa badmood. Mungkin mereka akan langsung menutup blog kita dan mencari sumber lain. Maka dari itu kita harus optimasi template blog agar menjadi fast loading atau responsif. Baca Cara Mengganti Template Blog.

6 Responses to "6 Faktor yang Mempengaruhi Penghasilan AdSense"

  1. menurut ane sih yang paling ngaruh itu jumlah kliknya gan karena kalau pengunjung banyak tapi ngga klik iklan y penghasilannya kecil

    ReplyDelete
  2. harus berjuang dl saya nih untuk diterima di adsense.. heheh
    Kalau ada waktu silahkan kunjungi blog kami Dunia Ilmu

    ReplyDelete
  3. Jumlah pengunjung sih kalau menurut ane yang paling sulit dinaikkan hehehe
    Btw blognya sudah saya follow,,follow balik ya,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap, semakin banyak pengunjung maka semakin besar pula kemungkinan klik iklannya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel