Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD!

Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD!

Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD) merupakan media atau tempat penyimpanan data untuk komputer. Dengan adanya media penyimpanan seperti HDD dan SSD memungkinkan Anda untuk menginstall sistem operasi, game dan aplikasi lainnya. Anda juga bisa menyimpan foto, video, dokumen atau data penting lainnya.

Kenapa Saya Beralih ke SSD?

Saya beralih ke SSD dikarenakan laptop saya sudah terasa sangat lambat. Dimulai dari booting yang hampir 2 menit dan membuka aplikasi seperti Google Chrome saja lama sekali. Saya coba untuk tune up, defrag dan mencoba berbagai cara yang telah saya tonton di youtube dan berbagai cara yang telah saya baca di berbagai situs, tidak ada yang berpengaruh terhadap performa laptop saya.

Setelah mengalami masalah seperti itu selama kurang lebih 4 bulan, saya jadi kepikiran untuk mencoba SSD dan saya membeli sebuah SSD dari Western Digital yaitu WD Green 240GB di bukalapak.com. Singkat cerita, setelah saya membeli SSD tersebut saya menunggu 3 hari untuk proses pengiriman dan sampailah di rumah saya.

Saya langsung membuka semua sekrup yang ada dibagian bawah laptop saya dan membukanya. Setelah itu saya cabut HDD-nya dan saya ganti dengan SSD WD Green 240GB yang saya beli.

Apa Yang Saya Rasakan Setelah mengganti HDD ke SSD?

Proses instalisasi Windows dan software lainnya menjadi lebih cepat. Disaat saya membuka aplikasi juga menjadi lebih cepat. Yah pokoknya serba cepat dah, compress, extract file, booting, reboot, shutdown juga menjadi lebih cepat. Yang dulunya menggunakan HDD 5200 RPM sangat lambat untuk booting Windows 10, hampir 2 menitan. Setelah menggunakan SSD kurang dari 20 detik untuk booting Windows 10-nya.

Apakah SSD Menambah Performa Gaming?

Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD!

Pengalaman saya install game seperti DotA 2 dan CSGO di SSD dengan spesifikasi laptop seperti screenshot diatas adalah tidak ada perubahan pada FPS saat bermain, perbedaan yang terasa hanya disaat loading akan masuk ke dalam game terasa lebih cepat.

Bagaimana Dengan Suhu SSD-nya?

Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD!

Setelah saya hidupkan 10 jam dan digunakan untuk download, menonton film, dan bermain game, suhunya stabil di 50 derajat celcius.

Kenapa Saya Memilih WD Green?

Saya memilih WD Green dikarenakan saya sudah percaya dengan brand Western Digital. Di PC saya menggunakan HDD WD Blue sebagai media penyimpanan. Sebenarnya saya mau membeli SSD yang WD Blue, tetapi karena budget tidak mendukung, ya saya ambil SSD seri paling bawah dari WD yaitu WD Green.

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Pilih HDD Atau SSD? Pengalaman Saya Setelah Beralih ke SSD!"

  1. Hmmm.. jadi kalo pengen loading game cepet mending pake SSD y

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. ssd mempercepat loading dari game, tapi tidak mempengaruhi FPS

      Delete
  2. Isat Jeri Efendi
    wah, keren ni,,,saya juga beralih ke ssd, tapi blum kepikiran buat ulasannya.. makasih pencerahannya om..https://www.nyampling(.)com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe iya gan, lumayan lah laptop saya jadi gak lemot2 amat pas booting dan buka aplikasi.

      Delete
  3. Aq baru tahu nih lebih bagus ssd ya... Harganya lebih mahal atau gak ? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih bagus SSD gan :v
      Tapi harganya jauh lebih mahal dari hard disk. Untuk saat ini 600ribuan cuma dapet 240GB kalau SSD, tapi kalau HDD udah dapet yang 1TB. Tapi ya gitu, untuk segi kecepatan SSD lebih cepat dari HDD, selain itu SSD juga katanya lebih hemat daya.

      Delete