Meta Tag Ini Bisa Membuat Blog Tidak Terindex Google?

Meta Tag Ini Bisa Membuat Blog Tidak Terindeks Google?

Hari ini saya melihat postingan seorang Blogger di grup BLOGGER INDONESIA di Facebook yang menyatakan bahwa meta tag <meta content='noindex,nofollow' name='robots'/> tersebut membuat blog kita tidak terindex oleh mesin pencari Google. Benarkah demikian?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Pertama saya akan menceritakan sedikit tentang apa yang saya alami setelah menggunakan template Evo Magz versi terbaru ini, disaat saya mengganti deskripsi blog tapi deskripsinya masih terpakai deskripsi yang lama dan sitelink dari blog saya pun menghilang di mesin pencari Google.

Dari beberapa komen yang saya baca di post tersebut, ada yang mengatakan si TS atau pembuat post "sotoy" dan aja juga yang berkomentar bahwa blognya masih terindex padahal ada meta tag tersebut. Untuk di blog saya memang masih terindex mesin pencari Google, akan tetapi ada masalah lain yang muncul akibat meta tag tersebut. Sebenarnya saya juga ingin melihat diskusi di postingan tersebut, tapi sayangnya postingan tersebut telah dihapus.

Padahal menurut saya si TS ada benarnya juga untuk masalah yang saya alami saat ini, dimana masalahnya adalah saat ganti deskripsi blog sebanyak 2x dan tidak pernah berubah di mesin pencari Google, masih terlihat deskripsi yang lama. Sitelink blog saya pun hilang, padahal saat saya berganti deskripsi sudah saya Fetch as Google, tapi tetap saja deskripsinya tetap terindex deskripsi yang lama di mesin pencari Google.

Setelah saya menghapus kode bagian dibawah ini dan saya Fetch as Google, akhirnya masalah yang saya hadapi terselesaikan. Dimulai deskripsi yang baru sudah terindex dan sitelink blog saya telah kembali.

<b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;archive&quot;} or data:blog.searchLabel or data:blog.searchQuery'> <meta content='noindex,nofollow' name='robots'/> </b:if>

Untuk seri Evo Magz sebelumnya, saya tidak mengalami masalah seperti ini dan untuk seri terbaru ini yaitu tepatnya Evo Magz seri 4.9.1 muncul masalah seperti yang saya alami diatas. Saya disini tidak bermaksud untuk menjelekkan template Evo Magz ini, disini saya hanya berbagi pengalaman tentang masalah yang saya hadapi saat menggunakan template Evo Magz seri terbaru ini.

Mungkin untuk master atau blogger yang mengerti bisa menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi dari masalah saya ini dengan meninggalkan komentar agar saya atau blogger lain bisa lebih paham. Terima kasih.

8 Responses to "Meta Tag Ini Bisa Membuat Blog Tidak Terindex Google?"

  1. Itu meta tag yg membuat blog tidak terinndeks ada di templatenya atau nambahin meta tag sendiri ya? Saya akhir akhir ini juga lama bgt artikelnya buat keindex

    ReplyDelete
    Replies
    1. meta tag tersebut sudah ada di template yang blog saya gunakan saat ini gan, terus saya hapus karena jika meta tag itu masih di template yang saya gunakan saat ini, deskripsi blog dan sitelink blog saya tidak terdeteksi di mesin pencari google

      Delete
  2. Kok bisa iya dan bisa tidak gimana bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena di beberapa template kasusnya bisa membuat tidak terindex, contoh kasusnya seperti template evo magz yang saya gunakan sebelumnya.

      Saya membaca komentar2 dari postingan di facebook tersebut mengatakan berpengaruh dan tidak berpengaruh. Jadi tergantung template juga.

      Delete
    2. Mesti tambahin tag kondisional kah??

      Delete
    3. Wah kurang tau gan, saya tinggal hapus aja meta tag tsb di template sblmnya. Abis itu udh langsung normal lagi

      Delete
  3. <b:if cond='data:blog.pageType in {&quot;archive&quot;} or data:blog.searchLabel or data:blog.searchQuery'> <meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>

    Tujuannya demi keamanan agar jika dalam bentuk pengarsipan tidak di index.

    Soal belum di index sama Google sepertinya memang butuh waktu, cepat atau lambat konten dalam bentuk canocal pasti akan terindex juga, jadi dihapus atau tidak bagian itu, halaman tetap akan di index

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk masalah yang saya alami, deskripsi dan sitelink hilang dalam waktu yang lama semenjak update ke template Evo Magz versi terbaru tersebut. Setelah saya membaca postingan seseorang tersebut di grup Facebook dan mengatakan meta tag tersebut berpengaruh membuat blog tidak terindex, saya coba cek template Evo Magz tersebut dan menghapusnya.

      Alhasil setelah saya hapus meta tag tersebut, deskripsi langsung terupdate dan sitelink muncul kembali. Tapi ya begitu, arsip, disclaimer, about dan yang bukan artikel masuk di sitelinknya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel