Cara Mengatasi No Bootable Device

Cara Mengatasi No Bootable Device

No Bootable Device merupakan pesan error yang diterima pengguna laptop atau komputer disaat booting yang disebabkan karena drive/media penyimpanan seperti HDD/SSD rusak atau tidak terbaca dan bisa juga karena terubahnya Boot Mode dari Legacy ke UEFI di BIOS.

Berikut adalah cara mengatasi masalah No Bootable Device pada komputer atau laptop berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Mengecek Drive Apakah Masih Terbaca

Cara Mengatasi No Bootable Device

Pastikan HDD/SSD Anda masih terdeteksi. Caranya adalah dengan masuk BIOS. Untuk masuk BIOS restart/hidupkan PC Anda kemudian tekan tombol ESC/F2/F12/Del, entah tombol mana yang tepat untuk masuk BIOS karena setiap laptop/motherboard biasanya berbeda. Jadi tekan secara berulang-ulang dan terus-menerus hingga masuk BIOS.

Jika Anda berhasil masuk BIOS, maka tampilannya akan seperti gambar diatas. Selanjutnya perhatikan bagian yang sudah saya isi pembatas garis merah tersebut. Jika HDD/SSD Anda tidak terdeteksi, maka tulisannya adalah None. Namun jika terdeteksi, maka akan seperti gambar diatas.

Masalahnya adalah jika HDD/SSD Anda tidak terdeteksi, maka untuk mengatasinya akan sedikit rumit. Anda perlu membongkar komputer atau laptop Anda. Kemudian lepas HDD/SSD-nya dan bersihkan bagian kepala HDD/SSD dan sekitarnya, jika di komputer periksa juga kabelnya apakah masih bagus atau tidak.

Kemudian Anda pasang kembali. Jika masih tidak terdeteksi sebaiknya Anda segera berangkat ke toko komputer untuk membeli HDD/SSD dan kemudian memasangnya. Anda bisa minta tolong dipasangkan oleh penjaga tokonya atau Anda bisa memasang sendiri dirumah. Jika ingin dipasangkan, Anda wajib membawa PC Anda kesana hahaha.

2. Mengubah Boot Mode

Cara Mengatasi No Bootable Device

Cara ini hanya berlaku jika HDD/SSD Anda sudah terbaca. Jika HDD/SSD Anda masih terbaca dan muncul masalah No Bootable Device seperti gambar diatas, hal yang pertama Anda lakukan adalah restart PC Anda disaat pesan No Bootable Device seperti gambar diatas dengan menekan tombol CTRL + ALT + Del di keyboard secara bersamaan.

Cara Mengatasi No Bootable Device

Kemudian pergi ke menu Boot. Biasanya untuk memilih menu menggunakan tombol arah Kanan dan Kiri.


Di menu Boot, Anda ubah Boot Mode dengan cara menekan Enter dan pilih Legacy kemudian tekan Enter lagi.

Cara Mengatasi No Bootable Device

Kemudian keluar dari BIOS dengan cara menekan F10 untuk Save and Exit. Mungkin di BIOS Anda bisa berbeda, Anda bisa memperhatikan tombol apa yang digunakan untuk Save and Exit contohnya seperti gambar dibawah.

Cara Mengatasi No Bootable Device

Selesai!! Tadinya laptop saya mengalami masalah No Bootable Device dan sekarang sudah bisa menyala seperti biasa hanya dengan mengubah Boot Mode.

Cara Mengatasi No Bootable Device

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi No Bootable Device"

Post a Comment